Ramadhan di Depan Mata

Assallamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Berbicara tentang ramadhan, pasti akan ada banyak hal yang kita rindukan. Salah satunya yaitu bisa teraweh di masjid, tadarus Al-Qur'an, buka bersama, bahkan melakukan banyak hal kebaikan untuk dijalankan saat hari suci ini telah tiba.

Nah, aku ingin membagikan sedikit tulisan mengenai hal apa saja yang bisa kita lakukan saat ramadhan nanti atau target tertentu untuk dijalankan di ramadhan nanti.

Guys... pentingnya membuat target ibadah di bulan suci ramadhan, adalah hal yang perlu dilakukan oleh sebagian orang. Tidak semua memiliki target, namun tidak ada salahnya jika kamu ingin membuatnya, agar apa yang kamu lakukan bisa terjalankan secara teratur.

 Simak yuk, apa saja sih yang bisa kita targetkan selama ramadhan.


1.     Target Tilawah Satu Juz Sehari.

Bagi teman-teman yang selama ini belum mampu satu juz sehari, bisa dicoba saat ramadhan. Contoh hitungannya, kamu bisa mengaji 2 lembar setiap sehabis sholat fardhu. Insyaa Allah, bisa khatam selama sebulan.


2.     Sedekah Rutin

Untuk sedekah, minimal setiap hari jumat. Bisa disisihkan dari uang jajan, minimal sehari 2.000 atau lebih dan ditunaikan saat hari jumat. Mari kita perbanyak sedekah di bulan ramadhan kali ini.

3.     Membaca Buku Keagamaan

Membaca buku sebenarnya tidak harus dilakukan saat ramadhan saja, namun bisa kamu lakukan setiap harinya. Tetapi, kamu bisa menargetkan buku bacaanmu sesuai dengan bulan ramadhan, yaitu buku islami, baik fiksi maupun non-fiksi, seperti shiroh shahabiyah atau nabawiyah, membaca sejarah islam, tafsir Al-Qur'an dan lain-lain. Teman-temam bisa membuat target, semisal dalam sebulan sudah mampu menyelesaikan 2 buku ataupun lebih buku keagamaan.

4.     Membantu Ibu

Hal seru yang bisa kamu lakukan di bulan ramadhan nanti yaitu membantu ibu memasak dan menyiapkan menu buka puasa serta sahur. Jangan lupa untuk memberikan ide-ide cemerlang kepada ibu, agar menu buka puasa dan sahur menjadi nikmat disantap oleh keluarga. Dan tentunya nilai keharmonisan dalam keluarga akan semakin terasa dan bertambah.


5.     Menulis Kebaikan. 

Ada yang memiliki target menulis namun belum terealisasikan sampai sekarang? Ramadhan nanti, kamu harus mereaslisasikannya. Buatlah target tulisan, contohnya 30 hari bercerita. Setidaknya, ceritakan hal-hal apa saja yang terjadi setiap hari saat ramadhan atau kamu bisa menulis quote-quote, cerita pendek maupun puisi tentang ramadhan.

6.     Membaca Terjemahan Al-Qur'an.

Tarjim Al-Qur'an kerap kali kita sepelekan, bahkan terkadang membuat kita bosan ketika membacanya. Saat ramadhan, cobalah untuk rutin membaca terjemahan Al-Qur'an, memahaminya serta belajar sedikit demi sedikit untuk dipraktekkan pada kehidupan nyata kita.

7.     Berbagi Menu Buka

Hal menyenangkan lainnya yaitu berbagi menu buka kepada tetangga. Tetangga adalah saudara terdekat kita. Namun tidak ada salahnya jika kamu berbagi menu buka untuk dinikmati bersama dengan tetangga kita. Selain itu, di satu sisi kamu juga bisa menjalin tali silaturhami.

Jadi teman-teman, sedikitnya seperti itulah contoh target yang bisa kita lakukan saat ramadhan.


Namun, adakalanya target tersebut bukan hanya kita lakukan saat ramadhan, tetapi juga saat hari-hari biasanya. Agar menjadi tolak ukur kita dalam beribadah, sebagai puncak perjalanan dalam kehidupan ini.

Semangat menyambut ramadhan. Di dalam rumah maupun di luar rumah, mari sama-sama menebar kebaikan kepada sekitar kita.



Wassallamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Di antara Doa

Perempuan yang Kesepian

Bunga di Keranda